Wednesday, October 29, 2008

Hukum Itu Bernama Karma (goresan menjelang eksekusi)

Karma mungkin sudah menjadi hukum dasar yang berlaku di dunia ini. Apapun yang terjadi pada masa sekarang baik pada dunia maupun manusia itu sendiri merupakan konsekuensi masa lalu yang telah dibuat.
Karma sebenarnya merupakan ajaran universal tentang kehidupan, ajaran yang mengajarkan bahwa setiap perbuatan yang dilakukan manusia tidaklah berdiri sendiri, ada serangkaian hasil yang akan mengikuti perbuatan itu serta hasil tersebut berbanding lurus dengan derajat perbuatan tersebut. Hal ini dapat dicontohkan ketika seorang memaki orang lain dengan sangat kasar maka dia akan menerima makian juga dengan 'derajat kekasaran' yang sama juga.

Karma bukanlah hukum balas dendam, bukan pula ajaran yang didominasi oleh agama tertentu saja, tetapi lebih berupa komponen penyeimbang kehidupan di dunia ini. Tuhan tidak menciptakan karma begitu saja, ada maksud tertentu dibalik penciptaan ini. Dengan karma diharapkan setiap manusia selalu melandaskan perbuatannya pada kebaikan dan kebenaran baik kepada manusia maupun lingkungan.

Ada banyak contoh yang menggambarkan terjadinya hukum ini, apa yang terjadi pada bumi dewasa ini mungkin tidak terlepas dari kerakusan manusia di masa lalu sampai sekarang, hukum ini dapat juga menjelaskan ketika ada seorang yang dulunya kaya namun tiba-tiba miskin, hukum ini dapat menjelaskan mengapa ada dua hal yang berlawanan di dunia ini (dalam kearifan tionghoa disebut yin dan yang) seperti kaya miskin, beruntung sial, cacat sempurna dll.

Karma mengajarkan apa yang kamu perbuat itulah yang akan kamu petik, kesalahan akan berbuah kesengsaraan dan kebenaran akan berbuah kebahagian, inilah hukum yang sejati, hukum yang kekal, hukum yang akan berlaku bagi siapa saja tanpa memandang agama, suku, dan status. Mereka yang hari ini tertawa dan bahagia atas apa yang mereka perbuatan keji di masa lalu akan menerima balasan perbuatannya, bukan dari hukum manusia tetapi dari hukum karma...

I Wayan Agus Eka

0 comments:

Blogger template 'WhiteOrange' by Ourblogtemplates.com 2008