Saturday, October 25, 2008

Meditasi Bagi Pemula


Mungkin banyak orang yang salah kaprah dengan meditasi. Mereka bilang kalau meditasi hanya untuk orang-orang yang sudah tua, padahal semakin dini belajar meditasi tentu akan semakin baik. Pada kesempatan ini saya akan sharing bagi temen-temen yang ingin belajar meditasi
Sebelum memulai meditasi pastikan dulu beberapa hal seperti suasana ruangan yang diusahakan senyaman mungkin kemudian pakaian yang tidak terlalu ketat, kemudian suasana lingkungan harus dijaga karena kebisingan biasanya akan mengganggu konsentrasi.
Posisi meditasi adalah bersila, diusahakan telapak kaki kanan berada di atas paha kaki kiri dan sebaliknya, tetapi jangan dipaksakan karena dalam meditasi yang penting adalah kenyamanan, kalau memang belum bisa ya ambil posisi bersila yang paling nyaman bagi anda. Punggung tegak lurus dengan lantai, jangan terlalu membungkuk dan jangan terlalu membusung, tegak lurus. Kedua telapak tangan diletakkan di masing-masing lutut dengan posisi telapak menengadah ke atas.
Sekarang kita mulai dengan pengaturan nafas. Pertama tama mata dipejamkan perlahan-lahan, kemudian rasakan aliran udara melalui hidung masuk ke paru-paru kemudian keluar lagi melalui hidung. Setelah beberapa saat dan mulai merasa nyaman dan tenang lanjutkan dengan kegiatan inti dari pernafasan sbb:
1. Masukkan nafas melalui hidung kemudian tahan dengan menggunakan perut bagian bawah
2. Masih dalam posisi menahan nafas, kemudian lepaskan otot bagian perut dan rasakan seolah-olah nafas naik menuju dada.
3. Masih dalam posisi menahan nafas di dada kemudian alirkan nafas tersebut seolah-olah menuju kepala, kemudian tahan beberapa saat.
4. Setelah beberapa saat di kepala, kemudian keluarkan perlahan-lahan melalui hidung, dan kembali ke langkah pertama

Mungkin ada pertanyaan berapa lama kita menahan nafas di bawah perut, kemudian di dada dan di kepala? jawabannya adalah semampu kita, dan kembali ke prinsip awal meditasi bahwa jangan sampai memaksakan diri, kalau memang baru mampu cuman menahan masing-masing sedetik ya tidak ada masalah, yang penting tidak memaksakan diri.Kemudian kapan saatnya berhenti?kembali lagi jawabannya adalah semampu kita, karena kalo sudah merasa capek ya jangan dipaksakan, langsung berhenti dan bernafas normal lagi.Selamat Mencoba

I Wayan Agus Eka

0 comments:

Blogger template 'WhiteOrange' by Ourblogtemplates.com 2008