Saturday, October 25, 2008

Belajar Berdialog Dengan Diri Anda Sendiri


Anda boleh jadi piawai dalam berdialog, berdebat, mewawancarai para orang-orang penting, petinggi-petinggi pemerintahan, namun bilamana Anda tidak becus berdialog dengan diri Anda sendiri, semua itu tak akan ada gunanya bagi pengembangan batin Anda, bagi kehidupan spiritual Anda. Pengembangan batin, penekunan kehidupan spiritual adalah masalah berdialog dengan diri sendiri; bukan bicara sendiri seperti orang gila, melainkan berdialog dengan penuh kesadaran dengan "yang di dalam"
Berdialog dengan seseorang hanya dimungkinkan bilamana Anda memperhatikannya bukan? Bilamana Anda siap mendengarkannya bukan? Demikian pula dengan diri sendiri. Anda hanya mungkin membuka dialog dengan diri Anda sendiri bilamana Anda mau dan mampu memperhatikan dan mendengarkan yang di dalam, diri Anda sendiri. Anda tidak harus menjadi manut-manut saja padanya atau menuruti semua kehendaknya, melainkan cobalah perhatikan, amati dengan seksama, dengarkan dia dengan baik, dan —bilamana Anda pandang perlu— tanyai dia dengan kritis.

Anda tidak akan pernah mengenal seseorang dengan baik, tanpa sempat berdialog cukup intens dengan orang tersebut bukan? Nah....demikian pula Anda dengan diri
Anda sendiri. Dengan berdialog dengan diri Anda sendiri, Anda akan lebih mengenalnya, lebih mengakrabinya, lebih memahaminya.

Akan tetapi, semua itu tentu tiada dimungkinkan bilamana Anda terus berpegang-erat pada dan selalu digerakkan oleh kebiasaan Anda yang senantiasa mengarahkan perhatian ke luar sana. Kemampuan mengarahkan perhatian ke alam,
adalah modal dasar Anda disini. Ini merupakan jurus kuncinya. Kendati sebetulnya ruang di dalam itu tanpa kunci, bahkan tanpa pintu dan senantiasa terbuka-lebar bagi Anda. Namun pada fase-fase awalnya, dan karena kebiasaan Anda sendiri, Anda membutuhkan kunci untuk memasukinya. Dan kuncinya adalah, kemampuan untuk mengarahkan perhatian ke dalam. Sekali Anda punyai kunci itu, dan berhasil mengadakan kontak langsung dengan yang di dalam, Anda tak membutuhkan kunci itu lagi karena ia akan terbuka lebar-lebar bagi Anda.

Denpasar, 22 Januari 2003.
http://www.iloveblue.com

0 comments:

Blogger template 'WhiteOrange' by Ourblogtemplates.com 2008